0

Tips dan Trik Berbelanja Online Bagian II

Seiring dengan berjalannya waktu dan majunya teknologi secara pesat membuat Internet menjadi salah satu alternatif yang bisa kita gunakan sebagai tempat berbelanja, kebutuhan akan suatu barang yang susah dicari ditempat kita tinggal adalah salah satu yang melatarbelakangi suburnya aktifitas berbelanja di Internet.


Bagi yang sudah terbiasa melakukan belanja secara online aktifitas ini tidak akan terasa sulit namun buat pemula perlu adanya beberapa pengetahuan sebelum bertransaksi melalui Internet untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena berbelanja secara online kita tidak bisa secara langsung melihat barang dan bertemu dengan penjualnya, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips berbelanja secara aman melalui Internet.

  • Penjual/Toko : Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah informasi mengenai toko atau penjualnya, kamu bisa melihat reputasi mereka melalui beberapa cara diantaranya adalah melalui testimoni dari para pembeli terdahulu, hal ini sangat penting karena testimoni para pembeli menentukan kredibilitas dari toko atau penjual barang tersebut. hal lain yang perlu diperhatikan dari penjual adalah lihatlah apakah kamu bisa dengan mudah menghubungi mereka jika ada pertanyaan atau keluhan mengenai barang yang akan atau sudah kamu beli, biasanya penjual yang baik akan memberikan kontak info yang lengkap seperti menyertakan no hp, messenger dan alamat lengkap. 
  • Barang/Jasa : Perhatikan detail barang atau jasa yang akan kamu beli, jangan pernah membeli barang yang tidak disertai dengan informasi yang lengkap mengenainya pastikan kamu sudah menerima infonya sejelas mungkin hal ini guna mencegah kerugian jika barang atau jasa yang kamu beli ternyata tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah karena jika harga barang atau jasa yang akan kamu beli itu sangat jauh perbandingannya dengan barang yang sama yang beredar di pasaran pasti ada sesuatu kekurangannya contohnya jika ada Laptop murah sekali bisa jadi barang itu tidak resmi atau ilegal dan pasti jika barang itu ilegal tidak akan mempunyai garansi. 
  • Transaksi : Ketahui cara transaksi yang diberlakukan oleh si penjual atau toko online-nya, pastikan cara transaksinya aman khususnya jika memakai kartu kredit, pada halaman transaksi alamat toko online tersebut berubah menjadi htpps:// contohnya jika alamat url toko itu http://www.tokododol.com maka ketika kamu masuk halaman transaksi akan berubah menjadi https://www.tokododol.com. Jangan pernah melakukan transaksi menggunakan komputer publik seperti di kantor atau warnet karena history mengenai transaksi kamu akan tersimpan dalam komputer tersebut dan bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

sumber: ananda.hobbious.com

0 Responses to “Tips dan Trik Berbelanja Online Bagian II”

Post a Comment

Hosting Indonesia

Subscribe