0

Jualan Dengan Penuh Hati

Jualan produk atau jasa usaha kita disadari atau tidak merupakan kegiatan mencuri hati konsumen. Kita sebagai pelaku usaha gak ada salahnya mempelajari dan mengetahui sisi psikologi dalam penjualan. Gunanya ya untuk meningkatkan pendapatan bisnis kita.
 
Sebagai pelaku usaha pasti tidak terlepas dari kegiatan sales. Bagaimana menjadi sales oke dengan meyakini bahwa jualan produk atau jasa yang kita miliki bisa memberikan kebanggaan. Berikut tips bagaimana kita menjual dengan hati.

Semua yang kita jual berdasarkan kecintaan kita. Kita tahu, penjualan bertujuan menawarkan atau memperkenalkan produk atau jasa. Makanya, apa yang kita jual, produk atau jasa harus sejalan dengan keyakinan kita. Kalau saat ini bisnis yang dijalani souvenir dan cetakan lain, fokuslah berjualan ini.

Tips yang kedua, biasakan menulis target penjualan produk kita. Lalu, bagaimana proses dalam mencapai target itu. Cara dan mau dijual kemana produk kita. Kaos berdesain retro atau yang berisi kalimat-kalimat lucu tentu akan dijual ke kalangan anak-anak muda. Setelah semua rencana tertuis, jangan lupa membuat skala prioritas kemudian baru melakukan eksekusi. Jangan menunda karena peluang tidak datang dua kali.

Ini soal keyakinan dan kegigihan. Gak perlu deh kayaknya menghitung berapa kali terjatuh, gagal dan putus asa. Anggap saja suksesnya masih tertunda. Jiwa sales seharusnya pantang menyerah. Jadi, tips yang ketiga ini meminta kita untuk selalu yakin dan terus berjuang. 

Mungkin saja, kita mendapatkan ilmu jualan secara turun temurun, tapi sekarang jaman udah beda banget. Mungkin juga, produk yang kita jual udah berubah karena kebutuhan pasar. Nah, mengantisipasi hal-hal yang membuat kita ketinggalan jaman, gak sia-sia kayaknya kalau kita mau terus belajar supaya bisa makin inovatif. Belajar dari semua segi penjualan, trik baru bagaimana produk atau jasa kita bisa jadi lebih kompetitif. Jadi, belajar dan belajar..

Jangan main-main dengan waktu. Ini tips yang sederhana tapi punya efek yang dahsyat dalam manajamen pelayanan paling ok buat pelanggan dan konsumen. Memberikan service yang baik artinya membuat waktu kita bermanfaat untuk orang lain. Saat terfokus dengan jualan, mari jualan produk dan jasa kita dengan serius.

Satu hal yang sangat penting dalam bisnis adalah kepercayaan. Dalam aktifitas jualan pun, tingkat kepercayaan konsumen sangatlah penting. Semakin meningkat kepercayaan, semakin tinggi juga tingkat penjualannya. Prinsipnya sederhana, kata kuncinya cuman satu, Jujur ! Melatih kejujuran bisa diawali dengan memberikan informasi apa adanya tentang produk dan jasa yang kita jual.

Jualan artinya merayu pelanggan dan konsumen untuk membeli produk dan jasa kita dengan berbagai sifat dan karakter. Berhadapan dengan dua ratus pembeli, artinya sebagai penjual harus pake dua ratus jurus…kira-kira jurus apa aja ya ? hehehe. Intinya sih, gunakan saja kreatifitas dan menggali semua informasi tentang calon pembeli.

Ada aturan yang sudah menjadi pakem dalam jualan, semata-mata tujuannya untuk membuat kita sebagai penjual memunyai nilai lebih di mata pelanggan. Yang pertama, perlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan orang lain. Jika terjadi kesalahan misalnya staf kita salah memberikan saran atau informasi kepada pelanggan, sebaiknya tidak tergesa-gesa menyalahkan orang lain, rubah kata salah dengan kurang tepat.

Lebih baik mengenal karakteristik pelanggan agar komunikasi yang terjalin bisa berjalan dengan baik. Dan yang terakhir, pahami dengan seluruhnya kebutuhan bahkan masalah yang dimiliki pelanggan. Informasinya bisa dijadikan masukan atau input sebagai bahan pengembangan produk dan layanan usaha kita.

So, apa yang kita lakukan, apa yang kita jalani sekarang. Lakukan semuanya dengan hati yang tulus, perkuat keyakinan bahwa sukses akan menjadi milik kita.

-->  https://www.solvo.co.id/news/61/yuk-jualan-dengan-hati.html

0 Responses to “Jualan Dengan Penuh Hati”

Post a Comment

Hosting Indonesia

Subscribe