0
Hindari Konflik Harga
Masalah
yang penting dalam menjual produk adalah harga atau pricing. Yup. Jika
tidak memiliki kebijakan harga yang baik, bisa memicu kegagalan usaha.
Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menentukan harganya produk atau
tarif jasa sehingga konsumen atau pelanggan dapat menerimanya.
Strategi Pertama untuk menentukan strategi harga adalah mengenal segmentasi
produk dan layanan, siapa pasar bisnis usaha kita. Ini perlu ditentukan
di awal sehingga harga akan menyesuaikan dengan pasar. Contohnya sih
sederhana, jika target bisnis kita adalah kelas menengah atas,maka
harga bukan jadi soal buat mereka , justru yang jadi soal adalah
bagaimana kita bisa fokus kepada proses dan kualitas serta layanan.
Pastinya, kita menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan ekpektasi
pelanggan di segmennya.
Udah
pasti sebalikya, kalau target market yang disasar adalah kelas menengah
bawah, maka harga akan menjadi hal yang sangat sensitif. Gak wise kalau harga untuk pasar menengah atas kita terapkan juga untuk pasar menengah bawah.
Prinsip
harga murah bakal laku tidak selamanya benar. Karena harga murah harus
diimbangi dengan jumlah atau volume penjualan yang besar pula.
Kadang-kadang itungan ini yang lupa dilakukan oleh banyak pengusaha
lama-lama malah bisa ambruk alias bangkrut. Sebenarnya
harga terbaik adalah harga yang bukan termurah yang bisa kita tawarkan
tapi harusnya harga itu setara dengan kualitas dan nilai pada produk
atau jasa yang kita tawarkan.
Kadang kita memang terpaksa harus memasuki pertempuran harga, tapi
jangan terlalu memaksa melakukan free fall atau membuat harga produk
atau jasa usaha kita ke level paling bawah. Gak bakalan untung, malah
buntung. Ih, serem.
Alih-alih
ikut terlibat dalam pertempuran harga yang diyakini kita tidak akan
menjadi pemenang, lebih baik lakukan review kembali soal kualitas dan
nilai produk atau jasa usaha kita. Tingkatkan juga kualitas dan
pelayanan sehingga perlahan kita bisa menaikkan harga. Ini sih kalau
mungkin dilakukan, coba review segmentasi produk dan jasa, sesuaikan
dengan rencana bisnis. Mau dibawa ke mana sebenarnya bisnis kita ?
--> https://www.solvo.co.id/news/56/hindari-perang-harga.html
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Responses to “Hindari Konflik Harga”
Post a Comment